Kesehatan - Konsultasi Kesehatan

Apakah Ini Gejala Kista?

Dokter, umur saya 23 tahun, sudah menikah dan memiliki 1 orang putra. Saya sering mengalami sakit pada perut sebelah kanan bawah. Sudah saya periksakan ke internis dan dokter kandungan tapi jawabannya tidak memuaskan dan sakit masih terus ada. Menurut dokter kandungan, saya menderita radang usus. Sementara internis berkata ada penyempitan pada saraf tulang belakang (karena sakitnya sampai belakang). Tapi walau sudah diberi obat sampai sekarang saya masih sering merasa sakit. Saat ini saya pakai KB IUD cover T (anak saya sekarang umur 15 bulan). Akhir-akhir ini saya juga mengalami sakit bila akan menstruasi. Apakah ini merupakan gejala kista? Demikian pertanyaan dari saya, semoga dokter berkenan menjawabnya. Terima kasih banyak.

Dita Angelina ­- Bandung

Dari data yang Ibu berikan, saya berpendapat kemungkinan penyebabnya adalah infeksi dan adanya IUD. Seperti kita ketahui, IUD adalah benda asing yang disimpan dalam rongga rahim dan secara alami rahim akan menolak kehadirannya. Hal ini bisa terlihat dari rasa nyeri yang timbul akibat kontraksi rahim yang meningkat. Bentuk T dari IUD memang sudah didesain agar dapat diletakkan dalam rongga rahim dengan baik. Selain itu, benang IUD yang keluar dari mulut rahim dan terletak pada bagian atas vagina juga berperan ganda sebagai sarana masuknya kuman-kuman dari vagina ke rongga rahim.

Adanya infeksi organ kandungan bagian dalam menimbulkan gejala keputihan yang gatal atau berbau, nyeri pada perut bagian bawah yang bisa menjalar ke belakang, dan nyeri pada saat periksa dalam atau berhubungan. Bila gejala itu ada sebaiknya Ibu ke dokter kandungan untuk mencabut IUD, Paps's smear , dan biakan kuman vagina. Hal lain yang harus diperhatikan bila keluhan nyeri di perut bagian kanan tetap ada, konsultasikan ke dokter spesialis bedah, untuk melihat apakah ada tanda-tanda infeksi usus buntu. Terima kasih atas pertanyaannya.

Views : 7733


blog comments powered by Disqus

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Back to top