Kesehatan - Konsultasi Kesehatan

Periksa Di Mana, Ya?

periksa

Foto: Getty Images

Memilih rumah sakit atau laboratorium untuk melakukan medical check up tentu tidak boleh sembarangan. Berikut beberapa rumah sakit dan laboratorium klinik yang bisa Anda pilih.

RS Pondok Indah

Layanan unggulan RS Pondok Indah adalah Executive Health Check Up (EHCU) yang merupakan layanan pemeriksaan kesehatan komprehensif pertama dan salah satu yang terlengkap di Indonesia.

Selain diperkuat tim dokter umum, dokter spesialis, serta perawat profesional, EHCU RS Pondok Indah juga memberikan layanan terpadu yang menggabungkan beberapa pemeriksaan untuk pencegahan dan deteksi dini berbagai penyakit.

Dengan konsep One Stop Service , semua pemeriksaan terdapat dalam satu area. Menurut Kharina Wijaya , Corporate Communication & Public Relation  RSPI Group, karena lokasi pemeriksaan yang satu dengan yang lain saling berdekatan, pasien tak perlu repot datang ke setiap poliklinik. Pasien sakit dan pengunjung sehat pun tidak bercampur, sehingga meminimalisir terjadinya infeksi nosokomial  (infeksi penyakit yang terjadi di rumah sakit).

Cek kesehatan dilakukan mulai dari pemeriksaan hipertensi, diabetes, hiperlipidemia , hiperuricemia  (penyakit rematik asam urat atau gout), osteoporosis, payudara, penyakit darah (anemia, leukemia), penyakit kardiovaskular, penyakit hati (hepatitis, sirosis hati, kanker hati), kandung empedu, penyakit ginjal, sampai penyakit paru (TBC, infeksi lain, dan tumor). “Tidak ada yang terlewat. Pengobatan dan perawatan dapat segera dilakukan jika terdapat temuan yang cukup serius," papar Kharina. Ada juga pemeriksaan MSCT Cardiac dan Osteoporosis.

Unit yang berada di lantai II RS Pondok Indah ini dilengkapi berbagai peralatan, di antaranya EKG, audiometri , spirometri (kapasitas paru), USG abdomen, mamografi, treadmill , radiologi (MSCT dan MRI), uroflowmetri , pemeriksaan mata dengan slit lamp  untuk deteksi dini kelainan kornea mata, tonometri  untuk mengetahui tekanan bolamata, serta Pap Smear dengan Thin Prep .

EHCU RS Pondok Indah menyediakan sembilan jenis paket sesuai kebutuhan pasien, mulai paket Basic, Premier,  hingga paket cek kesehatan khusus bagi mereka yang memiliki riwayat kesehatan tertentu,  seperti paket Check Up  Jantung dan Stroke . Tersedia pula layanan pemeriksaan untuk wanita yang akan menikah atau paket Premarital dan paket Breast Screening  untuk deteksi dini kelainan atau kanker payudara.

Alamat: Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Indah, Jakarta 12310. EHCU RS Pondok Indah, Lantai 2. Perjanjian: (021) 7507169 (direct line). (021) 7657525 pesawat 2267, 2318. Email: check_up@rspondokindah.co.id

RS Premier Bintaro 

Di sini, paket MCU juga disediakan bertepatan dengan momen tertentu. Misalnya, Paket Merdeka dalam rangka HUT RI tanggal 17 Agustus, berupa paket pemeriksaan lutut yang harganya setengah dari pemeriksaan biasanya. “Ada juga paket Imlek,” jelas Dave Tilaar , SH, Corporate Account Executive  RS Premier Bintaro.

Paket lain misalnya Paket Hari Kesehatan Nasional (HKN), paket Deteksi Dini Glaukoma, atau paket Female Check Up , yang meliputi konsultasi dengan dokter MCU, mamografi, USG mammae , Pap Smear, dan USG Transvaginal .

Untuk harga, RS Premier menyediakan paket dengan harga mulai Rp 900 ribu (paket Crystal), yang meliputi pemeriksaan fisik, pemeriksaan radiologi dan laboratorium, termasuk sarapan pagi. “Paket paling lengkap, mahal, dan detail adalah paket Premier, dengan harga Rp 15.925.000 (pria) dan Rp 16.600.000 (wanita). Pasien menginap di kamar perawatan VIP selama sehari,”  lanjut Dave.

Ruangan khusus untuk MCU pun difokuskan dalam satu area agar tidak bercampur dengan pasien lain. Hasil laboratorium bisa langsung dikonsultasikan dengan dokter. 

Alamat: Jl. MH Thamrin No. 1, Sektor 7 Bintaro Jaya, Tangerang 15224. Telepon: (021) 27625500,7455500/600. Fax: (021) 7455800. 

Brawijaya Women & Children Hospital 

Berbagai paket disediakan di Brawijaya Women & Children Hospital (BWCH), mulai dari pemeriksaan kesehatan pranikah, deteksi tumor, Comprehensive MCU, Executive MCU, Golden Years MCU, dengan harga paling murah Rp 700 ribu sampai Rp 4.100.000. “Paket paling mahal pastinya lebih lengkap dengan fasilitas kamar VIP,” kata Wiwin Dewiarsih , Marketing Officer dan Angki Prayudha , PR Coordinator  BWCH.

Yang membedakan adalah keberadaan Klinik Fetomaternal. “Klinik ini bertujuan mengetahui kelainan bawaan pada janin yang sudah bisa diketahui sejak dalam kandungan. Dokternya pun khusus,” jelas Wiwin. Jenis pelayanannya seperti amniocentesis , yakni tes untuk mengetahui kelainan genetik bayi dengan memeriksa cairan ketuban. Pemeriksaan cordocentesis , yakni tes diagnostik dengan penelitian tali pusat untuk meneliti kelainan janin serta transfusion intrauterine , yaitu transfusi sel eritrosit dari pendonor kepada janin.

Alamat: Jl. Taman Brawijaya No. 1 KebayoranBaru, Jakarta Selatan. Telepon: (021) 7211337, 72799533. Fax: (021) 7211364.

RS Siloam Kebun Jeruk

Menurut Dr. Idama Oppusunggu , Head of Department Medical Check  Up  RS Siloam Hospitals, Jakarta, "Jenis pemeriksaan yang disediakan bermacam-macam, dari yang general, atau fokus ke organ. Misalnya, masalah otak, jantung, diabetes, pencernaan, dan lainnya,” jelas Idama. Harga yang dipatok antara Rp 450 ribu sampai Rp 8 jutaan. Disediakan juga paket promosi untuk pemeriksaan jantung dan kanker payudara.

Selain di Kebun Jeruk, RS Siloam juga ada di Karawaci, Semanggi, Tangerang, Balikpapan, Surabaya, Jambi, Palembang, Makassar,  dan Manado dengan harga promosi dan paket yang sama.

Alamat: Jl. Raya Pejuangan Kav. 8, Kebon Jeruk, Jakarta 11530. Telepon: (021) 5300888.

RS Mitra Kemayoran Jakarta

Paket MCU di sini sangat bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, mulai paket Royal Executive, Deluxe Executive, Top Basic, Menopause Sreening, dan Stroke Risk Factor. Harga berkisar antara Rp 1.275.000 sampai Rp 4.970.000.

Keunggulan RS Mitra Kemayoran adalah melayani pemeriksaan MCU untuk Visa Australia, Cina, Selandia Baru, Singapura, dan AS. “Kami juga melayani pemeriksaan MCU untuk perusahaan dan asuransi, baik di dalam maupun di luar RS,” jelas Katherine  dari RS Mitra Kema-

yoran.

Alamat: Jl. HBR Motik, Kemayoran, Jakarta. Telepon: (021) 6545555.

RS Omni Hospital Pulomas Jakarta 

Salah satu pelayanan unggulan di rumah sakit ini adalah Memory Clinic, yaitu penanganan gangguan mudah lupa yang tidak wajar, dilakukan dengan metode Mild Cognitive Impairment (MCI) dengan evaluasi memori.

Pelayanan lain misalnya Obstetric & Gynaecology Centre dan Trauma Centre. Trauma Center Omni Hospital Pulomas merupakan pusat penanganan trauma yang ditangani tim dokter spesialis, terdiri dari dokter bedah umum, bedah tulang, bedah saraf, bedah plastik, bedah thorax, bedah organ cerna, dan bedah mulut.

Alamat: Jl. Pulomas Barat VI No. 20, Jakarta Timur. Telepon: (021) 4722719, 4723332.  

RS Pantai Indah Kapuk

Ada tiga paket yang disediakan RS Pantai Indah Kapuk, yakni Titanium Eksekutif, Platinum Eksekutif, dan Gold Eksekutif dengan harga berkisar Rp 2 juta sampai Rp 10 jutaan. Ada harga-harga khusus yang diberikan jika dilakukan pada hari yang sama dengan pemeriksaan MCU.

Bagi penderita penyakit jantung, disediakan pemeriksaan faktor risiko stroke dan jantung. Selain pemeriksaan klasik, ada juga pemeriksaan bagi anak-anak dengan harga Rp 1 juta. Pemeriksaan dilakukan oleh dokter umum, dokter mata (termasukvisus + buta warna + glaukoma), dokter anak (termasuk skrining tumbuh kembang), dan dokter gigi. Selain itu, masih ada pelayanan unggulan lain seperti pemeriksaan audiometri  (pemeriksaan pendengaran) dan laboratorium dengan pemeriksaan urine dan darah lengkap.

Alamat: Jl. Pantai Indah Utara No. 3, JakartaUtara. Telepon: (021) 5880911.

Selain rumah sakit, Anda juga bisa melakukan medical check up ke laboratorium klinik, di antaranya:

Laboratorium Prodia

Prodia memiliki dua paket medical check up, yakni Panel Check Up dan Panel Check Up Plus. Beberapa pemeriksaan di Panel Check Up antara lain hematologi rutin, urin rutin, feses rutin, bilirubin total, bilirubin direk, GOT, GPT, fosfatase alkali, anti-HCV, asam urat, dan kolesterol total, dengan biaya Rp 1.892.000.

Panel Check Up Plus lebih lengkap, karena juga mencakup pemeriksaan adiponektin, small-dense LDL, hs-CRP, PSA (laki-laki), SSBC (perempuan). “Biayanya Rp 3.098.000 untuk laki-laki dan Rp 3.111.400 untuk perempuan,” jelas Reskia Dwi Lestari , Marketing Communication Assistant Manager PT Prodia Widyahusada.

Ada juga  paket Panel Check Up Anak, yakni sekumpulan pemeriksaan laboratorium yang didedikasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan pasien anak, sejak usia neonatus (0–4 minggu) sampai usia remaja (18 tahun). Tujuannya, lanjut Eki, "Agar masalah kesehatan ditemukan pada tahap awal, dimana penanganan dan penyembuhan dapat memberi dampak maksimal. Selain itu, juga untuk mengetahui ada tidaknya kelainan yang diderita agar dapat segera diatasi. Supaya tidak menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak," papar Eki sambil menyebutkan Prodia Child Lab salah satu cabang Prodia yang didesain khusus untuk anak yang merupakan satu-satunya lab khusus anak di Indonesia.

Alamat: Prodia Tower, Jl Kramat Raya 150, Jakarta 10430. Telepon: (021) 314418 

Laboratorium Pramita 

Ada empat paket yang disediakan di Pramita, yakni paket Platinum, Gold, Silver, dan Blue. Paket yang paling sederhana, yakni Blue, ditujukan sebagai penyaring awal adanya gangguan fungsi organ vital tubuh, seperti pemeriksaan sel-sel darah, saluran kemih, fungsi hati, lemak, asam urat, gula darah, jantung, paru-paru, dan tensi darah.

Sementara paket Silver ditambah dengan pemeriksaan hepatitis. Pemeriksaan Gold lebih lengkap lagi, misalnya pemeriksaan tumor prostat dan tumor mulut rahim. Yang paling lengkap adalah paket Platinum dengan 17 jenis pemeriksaan.

Ada juga layanan konsultasi bagi pelanggan MCU dari instansi. Bentuknya berupa penjelasan umum oleh dokter tentang hasil pemeriksaan, dan membantu pasien menentukan apa yang sebaiknya dilakukan selanjutnya. Layanan jasa medis meliputi pemeriksaan fisik (umum, internist, mata, THT, gigi, saraf) dan tes Manthoux. Sedangkan pemeriksaan elektromedis merupakan layanan pendukung yang cukup penting, dan bisa disebut layanan diagnosis satu atap (one stop services).

Alamat: Jl. Matraman Raya No. 26 Jakarta Timur. Telepon: (021) 85908530

Laboratorium Klinik CITO

Jenis MCU di Laboratorium CITO Tanjung Duren ada 19, antara lain MCU pemantauan diabetes mellitus (DM) 3 bulanan, MCU 6 bulanan, MCU 1 tahunan, MCU kolesterol lengkap, MCU TORCH, MCU Weekend Check Up, MCU Lansia Check Up, atau MCU Family. “MCU Family ditujukan bagi keluarga muda yang peduli pada kesehatan jangka panjang,” jelas Malanton Sianturi , Branch Manager Laboratorium Klinik CITO. Adapun harga untuk melakukan MCU di kisaran di Rp 200 ribu sampai Rp 1.800.000.

Range produk MCU di sini cukup banyak,  sehingga diminati semua segmen pasar.“Harganya pun sangat kompetitif. Khusus MCU Weekend Check Up,  MCU Executive, dan MCU Family, pemeriksaan rontgen harus dilalukan di laboratorium. Di luar itu dapat dilakukan di rumah kustomer. Petugas kami yang datang ke rumah kustomer melakukan pengambilan sampling darah,” papar Malanton.

Alamat: Jl.Tanjung Duren Barat I No. 12 A, Jakarta Barat. Telepon: (021) 5683822, 56985889. Fax (021) 56985884. Selain di Tanjung Duren, Laboratorium Klinik CITO juga ada di Bekasi dan Fatmawati.

 Noverita K. Waldan 

Views : 33303


blog comments powered by Disqus

Artikel Lainnya

Back to top