Kesehatan - Umum

Penyebab Bad Mood dan Cara Mengatasinya

Wanita bad mood

Ilustrasi

Pernahkah  berada dalam suasana hati yang benar-benar buruk? Lalu  melakukan beberapa adegan "drama", misalnya dengan, membanting pintu, atau memukul dinding dengan kepalan tangan, hanya untuk menekankan  jika Anda begitu marah hingga hilang kendali.

Kita semua mungkin pernah merasakannya,  mudah tersinggung, emosi, dan marah, yang terkadang tanpa alasan nyata. Suasana hati yang buruk merupakan bagian dari kehidupan.

Tekanan, Perubahan dan Hormon

Bagi banyak remaja, berurusan dengan tekanan sekolah dan perubahan sehari-hari menyebabkan suasana hati memburuk. Bukan hanya soal mendapatkan nilai yang buruk, suasana hati juga dipengaruhi penerimaan lingkungan yang buruk. Tuntutan terhadap diri sendiri ini yang menyebabkan suasana hati tidak menentu.

Selain keinginan diterima dari lingkungan, suasana hati yang buruk juga dapat dipengaruhi rasa tak menentu atas perubahan-perubahan yang terjadi. Sebagian besar remaja ingin merdeka, sementara mereka masih merasa bergantung pada keluarga. Mereka ingin diperlakukan seperti orang dewasa, namun kadang-kadang mereka seperti anak-anak kecil. Remaja yang berada dalam masa transisi antara masa kanak-kanak dan dewasa, menghadapi semua perubahan dan tanggung jawab baru yang luar biasa. Pada satu sisi merupakan waktu yang menyenangkan, namun di sisi lain juga menakutkan dan membuat kesepian.

Penyebab lain dari perubahan mood  pada remaja adalah pubertas. Hormon pubertas bukan hanya  menyebabkan perubahan fisik  luar biasa, mereka juga bisa membuat mood swing ! Dan, hampir semua orang melalui mood swing  selama remaja. Oleh karena itu,  penting  memahami apakah suasana hati yang buruk merupakan kemarahan  sementara, atau temperamen akibat depresi.

Apakah Sekadar Bad Mood ?

Jika Anda mengalami kemarahan, kemurungan, perasaan putus asa, atau perasaan bosan berlebihan dalam  jangka waktu yang lama, coba konsultasikan pada dokter. Kadang-kadang, ini merupakan tanda-tanda gangguan mood serius yang kerap disebut depresi.

Depresi  lebih dari sekedar merasa sedih atau down . Umumnya  ini dapat menyebabkan kemarahan berlebih, iritasi, apatis, bahkan bunuh diri. Segera cari  bantuan apabila merasakannya. Berbicara dengan seorang terapis terlatih, konselor, perawat kesehatan primer dan penyedia layanan kesehatan,  yang dapat membantu memperbaiki  perasaan dan membuat Anda  menikmati hidup kembali. Jika mulai terpikirkan untuk bunuh diri, cobalah berkomunikasi  dengan seseorang yang dekat dengan Anda atau hubungi hotline layanan kesehatan jiwa untuk bantuan.

Cara Atasi Bad Mood

Suasana hati yang buruk bukan hanya merusak hari namun juga  berpotensi  merusak kehidupan. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasinya:

·  Pikirkan  sesuatu atau seseorang yang Anda syukuri. Hentikan perasaan buruk, dengan mengingat orang-orang dalam hidup  yang peduli maupun  telah melakukan hal-hal  baik untuk Anda.

·  Lakukan sesuatu yang baik. Pikirkan seseorang dapat Anda bantu. Bad mood dapat berkurang ketika Anda membantu seseorang.

·  Dengarkan musik menghentak dan bersemangat. Masukan CD favorit  atau putar MP3 favorit, dan biarkan musik menenangkan Anda.

·  Sadarilah jika Anda tak sendirian. Perubahan mood dapat terjadi dalam  beberapa kadar. Berbicara pada teman tentang suasana hati dan Anda mungkin terkejut ketika menyadari  ada orang lain yang mengalami  perubahan suasana seperti Anda.

·  Bicaralah dengan seseorang. Jika seorang teman atau orang tua tidak memungkinkan, seorang guru dan konselor dapat menjadi pendengar yang baik. Jangan menyimpan perasaan pada diri sendiri. Mereka bisa bercokol di dalam diri, dan membuat masalah tampak jauh lebih buruk ketimbang sebenarnya.

·  Berolah raga seperti berjalan-jalan, naik sepeda, bermain tenis, maupun sekedar mengambil napas dalam-dalam sembari menikmati udara segar dapat memperbaiki mood .

·  Cobalah tidur 8 1/2 hingga 9 1/2 jam lamanya setiap malam. Mendapatkan cukup istirahat adalah penting. Kelelahan dapat menyebabkan kemurungan dan lekas marah, serta  mengurangi kemampuan kita  mengatasi suasana hati.

·  Lepaskan semuanya emosi dan menangis. Ya, menangis sejadi-jadinya kadang-kadang dapat membuat Anda merasa lebih baik.

Laili / dari berbagai sumber

Views : 11506


blog comments powered by Disqus

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Back to top