News - Peristiwa

Usaha Jasa Bungkus Kado Bingkisan Natal Semakin Spesial (1)

Lealta

Foto: Laili

Tak ingin kado di hari istimewa tampil biasa-biasa saja? Coba saja kunjungi tiga tempat ini. Ssst, salah satunya bahkan bersedia berbagi tips membungkus kado cantik untuk Anda.

Lealta Gift Shop Desain Kertas Sendiri

Bagi Mimi Setiadinata (43), mengemas kado sudah menjadi usaha yang mendarah daging. Sebelum memiliki Lealta Gift Shop  setahun yang lalu, keluarganya sudah berjaya selama 21 tahun di bidang yang sama. “Tadinya orangtua memiliki Granawan Gift Shop di Plaza Indonesia. Karena beberapa alasan, toko dan perusahaan itu ditutup tahun 2010,” papar Mimi.

Selanjutnya, Mimi memutuskan meneruskan bisnis. Terlebih, para pelanggan lama masih mencari jasanya. “Saya mulai lagi dengan modal baru. Barang yang dibuat, kami lempar ke toko-toko di Jakarta dan Bandung,” kenang Mimi. Setelah modal berkembang, beberapa tahun lalu Mimi memutuskan menyewa salah satu stan di Mazee, departement store  milik fX Senayan. Sebagian besar isi stan adalah hasil produksinya sendiri.

“Sejak tahun 2007 saya sudah mendesain dan mencetak kertas kado sendiri,” ungkapnya.

Kepiawaiannya membuat desain kertas kado dan memproduksi kotak inilah yang membawa kepercayaan banyak pihak untuk menyuplai kemasan. Beberapa kantor, bank dan usaha rumahan kerap memesan kemasan kepada Mimi. Ditambah lagi, “Beberapa kotak bisa custom made , ditambah tulisan atau logo dengan cetakan embos,” ungkap Mimi.

Selain membuat kotak dan kertas kado sendiri, “Kami juga memberikan jasa wrap .” Pernak-pernik yang yang tersedia di Lealta juga terbilang lengkap. Mulai dari pita berbagai ukuran, kertas tisu, plastic wrap , bubble sheet, dan masih banyak lagi. Semuanya ditawarkan dengan harga tak mahal.

Kotak kado ukuran 3x3 cm, misalnya, dibanderol Rp 3.500 saja. Sementara kotak besar ukuran 50x50x24 cm dipatok Rp 115 ribu. Kertas kado lokal dan impor berkisar Rp 4.500 hingga Rp 20 ribu. “Untuk jasa wrap , harga mulai Rp 3 ribu sampai Rp 50 ribu,” tambah Mimi.

Pita cantik

Foto: Laili

Bagus Bagus Wrapping House Jasa Bungkus Gratis

Berawal dari kesukaan membuat handycraft , Ria Nirwana (38) membuka toko dan jasa bungkus kado yang diberi nama Bagus Bagus (BB) Wrapping House. Jasa pengemasan kado dan parsel ini telah merambah ke pusat-pusat keramaian ternama di Jakarta, Depok dan Tangerang. Mulai dari Citos, TGA Senayan City, TGA Kwitang, TGA Blok M, TGA Margo City dan Food Mart Lippo Karawaci.

Hobi membuat berbagai kartu dan memo  board  ini dimulai Ria sejak tahun 1988. Saat itu, Ria yang masih SMA menitipkan barang-barang produksinya ke salah satu toko buku ternama di Bandung. Setelah hampir 5 tahun, Ria nekat ikut pameran di Pasar Seni ITB (Institut Teknologi Bandung). “Hasilnya sungguh luar biasa. Barang-barang saya ludes dan pembeli membludak menanyakan di mana tokonya,” tukas Ria. Mendompleng usaha mebel milik orangtuanya di Jl. Sunda, Bandung, Ria pun membuka gerai kecil-kecilan. Lulus kuliah dari Teknik Arsitektur Universitas Parahyangan Bandung, Ria memutuskan serius menekuni bisnis toko handmade  dan wrapping house .

Pada 2003, Ria dan sang suami membuka BB cabang Jakarta dan Bandung. Di BB, Ria menyediakan kertas kado berdesain unik dan berkualitas. “Bahannya lebih tebal dan gambar diproduksi secara berkala.”

Kini, BB yang sudah memiliki banyak cabang sudah mempekerjakan 25 karyawan pembuat handmade dan 50-an karyawan toko. Harga barang-barang di BB juga tak terlalu mahal. Variasi pita, kancing, tali dan lain-lain bisa didapat dengan harga Rp 1.000 saja. Harga termahal di BB berkisar Rp 315 ribu, yaitu scrapbook  album dengan desain istimewa. Sementara parsel, boks koper, boneka, tas, dan lainnya dihargai ratusan ribu rupiah.

Untuk jasa pembungkusan kado, “Gratis! Ini wujud service terbaik kami bagi pelanggan yang telah membeli kertas kado buatan kami,” ungkap Ria. Di BB juga materi untuk membuat scrapbook tersedia lumayan lengkap. “Kebetulan saya juga mengajar kelas scrapbook privat,” pungkas Ria.

Pita Cantik ala Bagus Bagus

Alat dan Bahan: Kardus/kotak, Double Tape, Kertas Kado, Pita Hiasan
1. Ukur kertas untuk menjadi kantong luar kardus/kotak kado. Rekatkan ujung kertas kado dengan double tape.
2. Lipat per bagian kantong sehingga pas dengan kotak. Rekatkan dengan double tape hingga menutup sempurna.3. Masukkan kotak lalu pipihkan sisa kertas kado mengikuti alur kantong kertas. Mulailah melipat sisa kertas kado selebar 1,5 cm dan memutar mengikuti ujung lipatan.
4. Setelah membentuk setengah lebih lingkaran, stapler lipatan. Pasang pita di bagian yang melingkar.

 Laili / bersambung

Views : 9912


blog comments powered by Disqus

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Powered by eZ Publish™ CMS Open Source Web Content Management. Copyright © 1999-2010 eZ Systems AS (except where otherwise noted). All rights reserved.